Select Page

Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Komputer Universitas Syiah Kuala (USK) telah mengirimkan sebanyak 13 mahasiswa untuk mengikuti program Program Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Koordinator Prodi beserta wali mahasiswa turut serta mengantarkan para mahasiswa ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh pada Senin (12 September 2022). Mahasiswa Teknik Elektro dan Komputer USK kemudian akan menyelesaikan program MBKM di luar kampus di PT. Telkom Indonesia Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Partisipasi mereka dalam mengikuti program MBKM ini setara dengan 20 kredit (sks). MBKM ini merupakan program Kementerian Pendidikan Nasional, Riset dan Teknologi, Program Penelitian Teknik Elektro (PSTE).

Seremoni pelepasan dilakukan langsung oleh Dr. Ir. Melinda, S.T., M.Sc., IPU selaku Koordinator Program Studi Teknik Elektro. Ia menyampaikan bahwa 13 mahasiswa yang diberangkatkan akan tersebar di dua perusahaan, yaitu PT. Telkom Indonesia dengan 7 mahasiswa, dan PT. Telkom Witel Jakarta dengan 6 mahasiswa program riset di Telkom Corporate University (TCUC) Bandung.

Selanjutnya, Ia mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama PSTE mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program MBKM di PT. Telkom Indonesia secara langsung (luring) yang sebelumnya dilaksanakan secara daring.
“Kami berharap dengan program MBKM ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional sehingga menjadi bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya,” tutur Melinda.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Prodi Teknik Elektro dan Komputer USK, Dr. Ir. Tarmizi, S.T., M.Sc menyampaikan, pelaksanaan MBKM 20 SKS di Prodi Teknik Elektro telah dilaksanakan sejak tahun 2021.
“Ini adalah tahun kedua jurusan kita mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan MBKM 20 SKS magang. Harapan kita semua mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dengan satu semester penuh berada di perusahaan,” kata Tarmizi.

Ia menerangkan, “sejak 2021 Prodi Teknik Elektro memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk pelaksanaan tiga tahun dengan evaluasi per tahun. Hibah bergengsi yang diperebutkan puluhan perguruan tinggi di Indonesia itu, telah memfasilitasi dan mendorong kenaikan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, terutama di kampus jantong ate rakyat Aceh, USK. Melalui pendanaan PKKM ini, Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, khususnya PSTE telah menyumbangkan kenaikan IKU yang sangat signifikan pada IKU partisipasi mahasiswa MBKM 20 SKS, pengembangan dosen/staf, kerjasama mitra industri dan perguruan tinggi ternama,” imbuhnya.

Sementara itu, PIC MBKM PSTE, Dr. Yunida, S.T menjelaskan, bahwa tahun ini merupakan tahun ajaran kedua pihaknya melaksanakan program MBKM. Sedangkan tahun ajaran sebelumnya, pihaknya berhasil mengutus 52 mahasiswa dalam program MBKM di beberapa instansi/perusahaan Indonesia.

“Untuk semester ini terdapat lebih dari 50 mahasiswa PSTE yang akan mengikuti program MBKM yang tersebar di beberapa instansi pemerintah, seperti PT. PLN, PT. Telkom, PT SAI, hingga PT. PDAM,” sebut Yunida.

Sebagai informasi, sebelum diberangkatkan, 13 mahasiswa ini telah mengikuti agenda Sharing Knowledge yang dilaksanakan oleh PT Telkom Indonesia pada tanggal 26 Agustus 2022 secara daring. Pada kesempatan tersebut mahasiswa langsung bersilaturrahmi dengan pimpinan dan calon pembimbing lapangan, serta penjelasan tentang beberapa proyek inovasi yang sedang dijalankan di PT. Telkom Indonesia.

Pertemuan ini dipimpin Guntoro selaku APAC Customer Project Manager di PT. Telkom Jakarta. Ia menjelaskan bahwa setiap jenis proyek inovasi yang sedang berjalan, membutuhkan kontribusi adik-adik mahasiswa USK sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.