Lab. Sistem Kendali

Laboratorium Sistem Kendali  adalah salah satu dari 13 laboratorium yang ada di Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Laboratorium ini mengembangkan bidang keilmuan sistem kendali, otomasi dan robotika. Secara reguler, laboratorium sistem kendali melayani praktikum mahasiswa untuk program studi Teknik Elektro (S1), program studi Teknik Komputer (S1) dan Teknik Listrik (D3). Disamping itu juga melayani instansi dan masyarakat umum lainnya yang ingin mempelajari lebih jauh tentang bidang keilmuan terkait, biasanya dalam bentuk pelatihan-pelatihan terpadu dan kursus-kursus singkat.

Praktikum rutin yang dilaksanakan oleh laboratorium ini adalah, Praktikum Pengenalan Sistem Kendali (S1), Praktikum Sistem Kendali (D3), Praktikum Sistem Kendali Terprogram (S1), Praktikum Kontrol Digital (S1) dan Praktikum Robotika (S1). Selain praktikum rutin, laboratorium juga menyediakan ruang bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan kegiatan tugas akhir terkait bidang ilmu sistem kendali, otomasi dan robotika. Ruang ini dinamakan TGA Corner.

 Struktur Laboratorium Sistem Kendali

Struktur Laboratorium Sistem Kendali tahun 2017 ditunjukkan oleh gambar berikut. Staf pengajar yang memiliki keterkaitan bidang ilmu sistem kendali, otomasi dan robotika tergabung dalam peer group ROBOKON. Sedangkan asisten laboratorium adalah mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir yang mengambil bidang Teknik Kendali ataupun mahasiswa bidang lain yang mempunyai ketertarikan dan keterkaitan dengan bidang ilmu kendali.

 

Struktur Lab Sistem Kendali

 

Peer Group ROBOKON (Riset Otomasi, Robotika dan Kontrol) adalah grup riset yang berafiliasi dengan dua laboratorium di lingkungan Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, yaitu Laboratorium Sistem Kendali dan Laboratorium Elektronika. Dosen-dosen yang tergabung dalam grup riset ini adalah dosen-dosen yang memiliki ketertarikan dalam bidang penelitian Robotika, PLC, Sensor and Remote Sensing, serta Industrial Control.

Visi dan misi grup riset ini adalah sebagai berikut

Visi : Menjadikan ROBOKON sebagai salah satu pusat penelitian di bidang otomasi, robotika dan kontrol yang ternama di tingkat nasional.
Misi : 1. Mengembangkan penelitian di bidang otomasi dengan berbasiskan pada programmable logic controller (PLC).
2. Mengembangkan sistem kendali yang berbasiskan robotika.
3. Mengembangkan unmanned aerial/surface vehicle untuk aplikasi kebencanaan, global warming, dan renewable energy.

 

Dosen-dosen yang tergabung dalam grup riset ROBOKON adalah sebagai berikut

Ketua : Aulia Rahman, ST, M.Sc
Anggota : 1. Dr. Nasaruddin, ST, M.Eng
2. Alfatirta Mufti, ST, M.Sc
3. Ir. Fahri Heltha, M.Eng
4. Mohd. Syaryadhi, ST, M.Sc
5 Roslidar, ST, M.S.Tc.E
6. Zulhelmi, ST, M.Sc

 

Peralatan Laboratorium

Saat ini laboratorium sistem kendali telah dilengkapi dengan alat-alat laboratorium untuk mendukung kegiatan praktikum dan tugas akhir mahasiswa. Alat-alat tersebut, diantaranya:

  • Modul Filling Level and Liquid Control with UNITRAIN Experiment Board, Lucas Nulle.
  • Modul Temperature, Motor and Light Control with UNITRAIN Experiment Board, Lucas Nulle.
  • Modul Automatic Stamp Machine with PLC Siemens S7, Lucas Nulle.
  • Modul Conveyor Belt, Lucas Nulle
  • Mini PLC Logo
  • PLC Omron CPM1A/CPM2A
  • Digital dan Analog Multimeter

Kendali 1

Berikut adalah list dari praktikum yang rutin dilaksanakan pada Laboratorium Sistem Kendali.

Program Studi Teknik Listrik (D3)
1. Praktikum Sistem Kendali
Program Studi Teknik Elektro (S1)
Praktikum Dasar
1. Praktikum Pengantar Sistem Kendali
Praktikum Bidang
1. Praktikum Robotika
2. Praktikum Sistem Kendali Terprogram (PLC)
3. Praktikum Kontrol Digital

 

Beberapa Foto Kegiatan-Kegiatan Laboratorium Sistem Kendali

Kendali 2 Kendali 3

Workshop Mikrokontroler Arduino dan Workshop Arduino Lanjut sebagai bagian dari kegiatan Hibah Laboratorium yang diterima Laboratorium Sistem Kendali pada tahun 2016.

Kendali 4 Kendali 6 Kendali 5 Kendali 7

Kegiatan Seminar Ilmiah bulanan Jurusan Teknik Elektro 2016 di Laboratorium Sistem Kendali dengan tema “Sistem Kendali dalam Dunia Riset dan Industri” oleh Ir. Fahri Heltha, M.Eng.

Kendali 8 Kendali 9

Kendali 10 Kendali 11

Kegiatan mock seminar tugas akhir dan beberapa hasil penelitian mahasiswa S1 yang mengambil peminatan bidang teknik kendali.