IEEE Student Branch

IEEE Student Branch Universitas Syiah Kuala merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa program studi teknik elektro, teknik komputer, dan informatika (ilmu komputer) untuk mendiskusikan perkembangan teknologi di level Internasional. IEEE sendiri merupakan perkumpulan para praktisi dan akademisi bidang electrical dan elektronik yang mencakup kelistrikan, elektronika, telekomunikasi, komputer, informatika serta bidang keilmuan lainnya yang terkait. IEEE merupakan organisasi professional terbesar di dunia yang didirikan tahun 1884 dan berkantor di Piscataway, New Jersey, U.S.A.

IEEE Student Branch (IEEE-SB) Universitas Syiah Kuala resmi berdiri pada tanggal 22 Juni 2016d i bawah IEEE Indonesia Section dengan Geo Code: STB1035. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan, kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan penelitian mahasiswa di level Internasional.

Pembentukan IEEE Universitas Syiah Kuala Student Branch ini diinisiasi oleh Dr. Khairul Munadi, M.Eng. yang selama ini dikenal aktif dalam organisasi ini. Dr. Khairul Munadi, M.Eng. sendiri merupakan salah satu staf pengajar pada Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Beliau juga merupakan direktur Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala. Untuk sementara ini IEEE Universitas Syiah Kuala Student Branch dipimpin oleh Khairun Saddami. Khairun Saddami merupakan mahasiswa yang sedang menempuh Doktor (S-3) pada Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PDMSU) di Program Studi S-3 Teknik pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Hingga saat ini EEE Universitas Syiah Kuala Student Branch sudah memiliki anggota lebih kurang 15 (lima belas) orang yang terdiri dari mahasiwa Program Studi Teknik Elektro (S1), Program Studi Magister Teknik Elektro (S-2), serta Program Studi Informatika (S1).

IEEE sendiri berharap dengan pembentukan IEEE student branch di Universitas Syiah Kuala dapat menjadi pemimpin salah satu cabang IEEE untuk mahasiswa yang tersebar di seluruh dunia (as one of IEEE Student Branch Leader). IEEE juga mengharapkan agar IEEE Universitas Syiah Kuala Student Branch dapat segera aktif melakukan berbagai kegiatannya dan menjadi wadah professional bagi mahasiswa Universitas Syiah Kuala, khususnya mahasiswa Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Informatika.