Select Page

Manajemen proyek merupakan suatu metode atau sistem pengelolaan maupun pengorganisasian berbagai aktivitas dengan jangka waktu tertentu. Fungsi manajemen proyek adalah untuk membuat strategi pekerjaan menjadi lebih cerdas sehingga mampu meningkatkan efisiensi pelaksanaannya. Selain itu manajemen proyek juga membantu mahasiswa/calon lulusan/pekerja untuk memanfaatkan sumber daya seminimal mungkin, namun tetap memberikan hasil kinerja secara maksimal, termasuk mengenai kualitas, waktu, serta keselamatannya. Manajemen proyek memungkinkan suatu tim dapat bekerja dengan bahagia dan termotivasi karena mengetahui apa tujuan pekerjaan, sehingga tim dapat melakukan yang terbaik untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Namun pada penerapannya di lingkungan kampus, permasalahan yang dialami mahasiswa dan calon lulusan dalam menyelesaikan proyek seringkali berkaitan dengan manajemen yang kurang tepat. Permasalahan yang sering muncul adalah keterlambatan projek, hal ini akan memberikan pengaruh pada beberapa aspek lainnya seperti munculnya pembengkakan biaya dan menurunnya performa.

Program Studi Teknik Elektro, Universitas Syiah Kuala, melalui program PKKM menjembatani praktisi profesional dengan mahasiswa dan calon lulusan untuk membahas lebih lanjut mengenai manajemen proyek khususnya dalam IT melalui kuliah tamu.

Kegiatan Kuliah Tamu yang bertemakan “Project Management in IT” diasuh oleh Dr. Teuku Aulia Geumpana B.IT., M.Sc yang merupakan Dosen pada Discipline of Computing and IT yang kini telah menjadi School of Information and Physical Sciences di University Of Newcastle Australia. Kegiatan telah dilaksanakan di ruang Studio Mini Program Studi Teknik Elektro, Universitas Syiah Kuala, pada  tanggal 2 Agustus 2022. Kegiatan mentoring ini diikuti oleh 17 orang mahasiswa, dimana 13 peserta merupakan mahasiswa dari PS Teknik Elektro dan 4 peserta lainnya adalah mahasiswa dari PS Teknik Komputer.

Kegiatan telah terlaksana dengan baik dimana mahasiswa Teknik Elektro dan Komputer terlihat sangat antusias dalam mendengarkan paparan perkembangan teknologi dan penerapan manajemen yang tepat dalam menyelesaikan suatu project. Disini juga, mahasiswa diajak aktif berpartisipasi dalam menyampaikan ide-ide project mereka, dan mendiskusikan projek yang sedang mereka kerjakan. Dalam kesempatan ini pula pemateri memetakan permasalahan, mendiskusikan solusi dan membahas tahapan tindakan yang dilakukan guna meminimalisir terjadinya resiko dalam pelaksanaan project.

Dengan adanya Kuliah Tamu ‘Project Management in IT’ yang berkoordinasi dengan praktisi professional maka mahasiswa dan calon lulusan dari Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Komputer diharapkan dapat memetakan permasalahan yang dialami dengan baik, sehingga dapat mengambil langkah yang tepat untuk penyelesaian permasalahan tersebut.