Tenaga Listrik

Deskripsi Bidang Teknik Tenaga Listrik

Ilmu sains matematika dan pengetahuan alam merupakan ilmu yang menjadi basis dari ilmu sains enjiniring Bidang Teknik Energy Listrik. Mata kuliah-matakuliah sains diberikan secara bertahap mulai semester satu sampai dengan semester 4. Termasuk dalam kelompok ini adalah kalkulus,matematika teknik, probabilitas dan proses acak dan fisika. Disamping itu pada tahun pertama kepada mahasiswa diberikan pemahaman mengenai algoritma dan pemrograman.

Mulai semester 2 sampai semester 6 mahasiswa mempelejari ilmu dasar teknik elektro yang juga merupakan ilmu dasar teknik energi listrik, seperti dasar energy listrik, rangkaian listrik, medan elektromagnetik, teknik digital, elektronika, ilmu pengetahuan bahan listrik dengan penekanan pada material yang dipergunakan pada bidang ketenagalistrikan. Selanjutnya, mulai semester 5 sampai dengan semester 8 mahasiswa mendalami ilmu-ilmu yang menjadi dasar dari spesialisasi di bidang teknik energi listrik, seperti mesin-mesin listrik yang merupakan teknologi konversi energy primer ke elektrik, konversi energy elektrik ke bentuk energy lain dan pengendaliannya serta transformator, pembangkit energy listrik, energy terbarukan,  elektronika daya, system  transmisi dan distribusi energy listrik, analisa system tenaga dan operasi system tenaga listrik.

Untuk dapat mengoperasikan system tenaga listrik dengan benar dan efisien, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu system proteksi, dasar teknologi informasi dan telekomunikasi, dasar system kendali, dasar system computer, manajemen dan ekonomi teknik, wawasan lingkungan, isu-isu social, dan kewirausahaan dan profesionalisme.

Dalam proses penyampaian materi, diperkenalkan beberapa perangkat lunak modern yang diperlukan oleh lulusan untuk dapat berkiprah dengan baik di bidang teknik tenaga listrik seperti perangkat lunak:analisis dan pemodelan rangkaian elektrik, pemodelan matematik dan kendali, analisis medan elektromagnetik, analisis dan desain system tenaga, dsb. Pembekalan tersebut dapat pula diberikan melalui kursus/pelatihan sebagai kegiatan kokurikuler.