Ketentuan Akademik

Pendahuluan

Buku Panduan Kurikulum Program Studi Teknik Elektro (PSTE) ini memuat revisi kurikulum sebelumnya (2012-2016) yang mengadopsi konsep kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang ditetapkan dalam Kepmendikbud no. 232/U/2000 dan no. 045/U/2002. Penyusunan kurikulum 2016-2016 ini sendiri merujuk kepada konsep Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang tercantum pada UU Pendidikan Tinggi no. 12 tahun 2012 [1] dan sesuai dengan Perpres no. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi no. 45 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT atau SN-Dikti) [3].

Konsep atau kunci utama dalam penyusunan kurikulum yang sesuai dengan KKNI dan SNPT adalah kualifikasi dan capaian pembelajaran (CP) [2,4]. Rumusan CP yang sesuai dengan jenjang kualifikasi KKNI sangat penting dalam proses penyetaraan kualifikasi (kemampuan) dan pengetahuan antara jenjang/tingkat pendidikan dan tingkat pekerjaan [2,4]. Untuk program Sarjana, rumusan CP harus mengacu kepada deskripsi KKNI jenjang ke-6. Selain itu, rumusan CP juga harus memenuhi kriteria minimal standar kompetensi lulusan SNPT yang meliputi: Sikap, Pengetahuan dan Kemampuan (Umum dan Khusus).

Selengkapnya, silah download BUKU PANDUAN KURIKULUM PSTE 2016-2020 v6 (15 Juli)