Profile & Learning Outcomes

Profile & Learning Outcomes (LO)

Program Studi Teknik Elektro


Profile of Autonomous Professional

“Professionals who can critically, innovatively, and systematically design, implement, and maintain electrical and electronic systems as well as who are knowledgeable in utilizing science and technology, in combination with local contexts and values, that can contribute in and solve various problems in the regional and national development efforts.”


Learning Outcomes (LO) Prodi Teknik Elektro

  1. Mampu memahami prinsip-prinsip keteknikan secara komprehensif melalui penguasaan ilmu matematika, fisika, pemrograman komputer, teknolologi informasi dan komunikasi (TIK), sistem kendali, elektronika dan elektrikal.
  2. Mampu melakukan perancangan, implementasi dan verifikasi komponen, proses atau sistem yang sesuai dengan bidang keahlian untuk memenuhi spesifikasi atau kebutuhan yang diinginkan dan juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti: pengurangan resiko kebencanaan, potensi sumber daya daerah, ekonomi, lingkungan, sosial, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan.
  3. Memiliki kemampuan praktis untuk melakukan pengujian skala laboratorium terhadap rancangan sistem keteknikan yang didukung dengan pengambilan dan validasi data menggunakan kaidah-kaidah statistik yang benar serta hasil pengujiannya diperkuat dengan survei lapangan.
  4. Memiliki pengetahuan teoritis yang luas untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisa dan menyelesaikan masalah atau memberikan solusi alternatif dalam bidang teknik elektro dan pengetahuan khusus yang mendalam pada bidang keahliannya.
  5. Mampu menggunakan metode dan instrumen-instumen keteknikan secara benar sesuai petunjuk standar, dan memperbaharui keterampilan penggunaan instrumen tersebut secara berkelanjutan.
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan, dalam mengutarakan gagasan/ide atau menyajikan hasil penelitian dengan mempertimbangkan aspek-aspek budaya.
  7. Mampu menerapkan konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA) dalam penyelasain tugas-tugas keteknikan dengan tetap menjaga aturan-aturan standar yang disepakati bersama.
  8. Mampu berkerjasama dalam tim multi-disiplin dan multi-kultural, memiliki interpersonal skills, serta bertanggung jawab secara mandiri atas pekerjaannya dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
  9. Bertakwa kepada Tuhan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sehingga mampu bersikap jujur, akuntabel, bertanggung jawab dan mengedepankan etika profesi dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.
  10. Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, atau memiliki latar belakang untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan di bidang teknik elektro.

Learning Outcomes (LO) Iabee

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan metematika, pengetahuan alam dan sains, teknologi dan teknik informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh prinsip-prinsip teknik.
  2. Kemampuan untuk mendesain dan mengoptimasi suatu komponen atau sistem untuk memeunuhi kebutuhan yang diharapkan seperti hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatn serta untuk mengenali dan atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
  3. Kemampuan untuk mendesain dan menyelenggarakan eksperimen laboratorium dan atau lapangan, serta secara kritis menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
  4. Kemampuan untuk menyelidiki, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis secara menyeluruh, serta menyelesaikan secara optimal permasalahan teknik.
  5. Kemampuan untuk memahami secara menyeluruh suatu metode, keterampilan dan perangkat teknik terkini yang sesuai dan diperlukan untuk praktek profesi keteknikan.
  6. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif mencakup penulisan, presentasi lisan dan dialog atau bertukar pendapat dengan perspektif budaya.
  7. Kemampuan untuk merencanakan, mengelola dan menyelesaikan tugas secara menyeluruh dalam batasan yang ada, serta mengevaluasi hasil secara sistematik.
  8. Kemampuan untuk bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  9. Kemampuan untuk bersikap akuntabel dan bertanggung-jawab kepada masyarakat dan taat pada etika profesi dalam memecahkan permasalahan sosial.
  10. Kemampuan memahami kebutuhan dan cara melakukan pembelajaran sepanjang hayat termasuk akses pengetahuan relevan tentang isu-isu terkini.
Learning Outcomes PSTE Learning Outcomes IABEE
(a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h) (i) (j)
LO.1 Mampu memahami prinsip-prinsip keteknikan secara komprehensif melalui penguasaan ilmu matematika, fisika, pemrograman komputer, teknolologi informasi dan komunikasi (TIK), sistem kendali, elektronika dan elektrikal.
LO.2 Mampu melakukan perancangan, implementasi dan verifikasi komponen, proses atau sistem yang sesuai dengan bidang keahlian untuk memenuhi spesifikasi atau kebutuhan yang diinginkan dan juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti: pengurangan resiko kebencanaan, potensi sumber daya daerah, ekonomi, lingkungan, sosial, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan.
LO.3 Memiliki kemampuan praktis untuk melakukan pengujian skala laboratorium terhadap rancangan sistem keteknikan yang didukung dengan pengambilan dan validasi data menggunakan kaidah-kaidah statistik yang benar serta hasil pengujiannya diperkuat dengan survei lapangan.
LO.4 Memiliki pengetahuan teoritis yang luas untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisa dan menyelesaikan masalah atau memberikan solusi alternatif dalam bidang teknik elektro dan pengetahuan khusus yang mendalam pada bidang keahliannya.
LO.5 Mampu menggunakan metode dan instrumen-instumen keteknikan secara benar sesuai petunjuk standar, dan memperbaharui keterampilan penggunaan instrumen tersebut secara berkelanjutan.
LO.6 Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan, dalam mengutarakan gagasan/ide atau menyajikan hasil penelitian dengan mempertimbangkan aspek-aspek budaya.
LO.7 Mampu menerapkan konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA) dalam penyelasain tugas-tugas keteknikan dengan tetap menjaga aturan-aturan standar yang disepakati bersama.
LO.8 Mampu berkerjasama dalam tim multi-disiplin dan multi-kultural, memiliki interpersonal skills, serta bertanggung jawab secara mandiri atas pekerjaannya dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
LO.9 Bertakwa kepada Tuhan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sehingga mampu bersikap jujur, akuntabel, bertanggung jawab dan mengedepankan etika profesi dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.
LO.10 Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, atau memiliki latar belakang untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan di bidang teknik elektro.