Juni 2019,  Panitia pelaksana Tokyo Tech Indonesian Commitment Award (TICA) Persatuan Pelajar Indonesia di Tokyo Institute of Technology (PPI Tokodai) mengumumkan 20 tim yang berhasil lolos sebagai finalis terbaik pada Kompetisi Paper TICA 2019. Salah satu tim yang lolos adalah Tim dari Jurusan Teknik Elektro dan Komputer yang diketuai oleh Hendrik Leo. Tim ini terdiri dari mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Hendrik Leo bersama tim-nya berhasil lulus dengan membawa paper berjudul “Outdoor Vertical Farming to Decrease Land Expansion and Increase Farmer’s Productivity”. Paper ini menyajikan suatu sistem pertanian vertikal luar ruangan untuk mengurangi ekspansi lahan sehingga dapat meningkatkan produktivitas petani.

Humas TICA 2019 menyampaikan bahwa proses penilaian sangat kompetitif dan begitu ketat. Dari sejumlah paper yang masuk, Panitia hanya menetapkan 20 tim yang lolos menjadi finalis TICA 2019. TICA merupakan ajang kompetisi paper bagi mahasiswa S1 di Indonesia yang diselenggarakan oleh PPI Tokodai. Acara ini telah berlangsung selama 10 tahun berturut-turut dan selalu mengundang finalis terpilih untuk presentasi karya ilmiahnya di Tokyo. Inti dari rangkaian kegiatan TICA 2019 yang memberikan kesempatan pada mahasiswa S1 di seluruh Indonesia untuk memulai dan mempublikasikan penelitiannya. Kompetisi karya ilmiah TICA 2019 terbagi ke dalam 4 cluster yaitu Information and Communications Technology, Sustainable Energy and Emergent Materials, Environment and Society, dan Life Science. Peserta dengan karya ilmiah terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan penelitiannya di Grand Seminar TICA 2019. Pengumuman peserta yang lolos menjadi finalis terbaik dapat dilihat pada http://tica.ppitokodai.com/assets/images/event/Pengumuman%20Abstrak%20TICA%202019.pdf

Tahun ini kompetisi TICA diselenggarakan dengan mengangkat tema “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Pemuda dan Science” yang dilandasi bonus demografi yang akan kita hadapi beberapa tahun ke depan. Banyaknya jumlah penduduk usia produktif merupakan tantangan dan peluang yang harus disiapkan, oleh karena itu TICA 2019 turut serta berperan dalam menyiapkan SDM berkualitas dengan rangkaian acara yang akan dilaksanakan.

Untuk selanjutnya tim yang lolos akan kembali bersaing kembali untuk merebut hadiah utama yaitu mempresentasikan karyanya di Kampus Ookayama, Tokyo Institute of Technology, 2-12-1 Ookayama, Meguro-ku, Tokyo 152-8550, Japan.

Selamat kepada Hendrik Leo dan kawan-kawan. Terus berjuang menjadi yang terbaik.