Jakarta, 25 November 2018. Republic of IoT (RIoT) 2018 menampilkan berbagai inovasi teknologi berbasis Internet of Things (IoT). Sebanyak 30 tim terpilih dengan solusinya masing-masing meramaikan pameran dalam acara yang diadakan di Hall Lantai 2 Senayan City tersebut. RIoT diselenggarakan oleh Makestro dan Infia Pariwara, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, didukung oleh XL Business Solutions. Pada RIoT 2018 ini peserta diminta untuk membuat solusi berbasis IoT dari berbagai topik yaitu: agrikultur, logistik, energi dan utilitas, industrial IoT, keamanan, kesehatan, fintech, building automation, fleet management, dan transportasi. Solusi-solusi yang dihasilkan diharapkan dapat direalisasikan dan bernilai-guna untuk masyarakat dan industri untuk mendukung progam pemerintah Making Indonesia 4.0.

Dari 30 tim yang terpilih, 2 (dua) tim diantaranya adalah mahasiswa Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Kedua tim tersebut masing-masing diberi nama “ULTRA FARMING” dan “CAMPLI”. ULTRA FARMING menampilkan sistem peternakan berbasis IoT berupa kandang digital untuk monitoring dan controlling peternakan ayam. Sementara itu, CAMPLI menampilkan sistem bercocok tanam cabe berbasis IoT. Pada kesempatan ini Tim ULTRA FARMING berhasil meraih Juara II (Runner-Up) dan Tim CAMPLI menempati finalis 10 besar.

Sementara itu, tim Favorit dimenangkan oleh Mahapati dari Bali. Hadiah untuk pemenang berupa uang tunai, pemenang juga berkesempatan mengembangkan karyanya lebih lanjut dan mendapat bimbingan serta inkubasi di X-Camp (Lab Inovasi IoT XL)

Visi RIoT 2018 ingin menjadi perhelatan bagi makers, komunitas, dan pemangku kepentingan IoT lokal berkumpul untuk bersinergi dan berkolaborasi demi memajukan langkah ekosistem Internet of Things di Indonesia. Republic of IoT 2018 merupakan perhelatan Internet of Things terbesar di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Makestro dan Infia Pariwara, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, BEKRAF, XL Axiata, Nodeflux, Global Research Cloud, serta u-Blox, sebagai rekanan acara. RIoT 2018 berlangsung selama dua hari, 24 dan 25 November, 2018.