Select Page

Dosen di Perguruan Tinggi selain sebagai pengajar juga memiliki peran penting dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, selain itu juga harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat.

Dosen yang bermutu dan profesional menjadi tuntunan sekaligus juga tuntutan masyarakat seiring dengan perkembangan jaman dan persaingan yang semakin ketat dalam era globalisasi. Untuk membentuk dosen yang profesional sangat tergantung pada banyak hal diantaranya adalah dosen itu sendiri, pemerintah serta masyarakat.

Salah satu bentuk keseriusan Pemerintah terhadap perkembangan pendidikan serta perbaikan kesejahteraan Dosen adalah dengan adanya program
penugasan dosen untuk mengikuti program pendidikan, sertifikasi kompetensi  dan sertifikasi profesi. PSTE melalui program PKKM menjembatani dosen untuk ikut dalam program pendidikan, sertifikasi kompetensi  dan sertifikasi profesi demi terwujudnya dosen yang berkualitas untuk kemajuan Pendidikan perguruan tinggi Indonesia yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan.

Kegiatan penugasan dosen untuk mengikuti Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) telah dilaksanakan di Universitas Gajah Mada periode Januari-Juli 2022 dan sedang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala periode Juli-Desember 2022.  Kegiatan ini diikuti oleh 19 peserta, yaitu 14 orang peserta PPI UGM dan 5 orang peserta PPI USK. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring, untuk itu pihak penyelenggara telah mempersiapkan platform untuk digunakan dalam kegiatan tersebut.

Selain kegiatan PPI, telah dilaksanakan juga Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Dasar-Dasar Amdal yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 Agustus 2022  di PPLH USK Banda Aceh.

Kegiatan Pelatihan Dasar-Dasar Amdal dilaksanakan secara Luring selama 4 hari. Hari pertama hingga hari ketiga kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan dasar-dasar amdal, sedangkan pada hari ke empat kegiatan yang dilaksanakan adalah evaluasi dan sidang evaluasi Dokumen Amdal. Pelatihan ini Memberikan pengetahuan dasar mengenai AMDAL serta bentuk-bentuk dokumen AMDAL dan kaitannya dengan izin lingkungan, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan teknis dan keterampilan peserta untuk menyusun dokumen AMDAL bagi suatu kegiatan/usaha yang direncanakan.

Pelaksanaan kegiatan penugasan dosen ini bertujuan untuk mencapai rekognisi terhadap profesionalisme dosen-dosen PSTE yang telah memiliki pengalaman dalam menerapkan dan mengaplikasikan keilmuannya baik di dalam maupun di luar institusi. Selain itu juga untuk memastikan lifetime learning bagi dosen-dosen sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.