Select Page

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk 1 (satu) semester (setara dengan 20 SKS) menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama.

PSTE melalui program PKKM menjembatani kesenjangan antara dunia kampus dengan dunia industri, melalui program Penguatan Pelaksanaan MBKM 20 (dua puluh) SKS diluar Kampus. Dengan adanya aktivitas ini maka PSTE dapat memetakan permasalahan kesenjangan kompetensi yang dirasakan oleh sebagian besar mahasiswa dengan dunia industri. Diharapkan juga dengan adanya program Penguatan Pelaksanaan MBKM 20 (dua puluh) SKS diluar Kampus mahasiswa menjadi lebih berani dan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

Kegiatan FGD Penguatan Pelaksanaan MBKM 20 (dua puluh) SKS diluar Kampus telah dilaksanakan secara hybrid pada  tanggal 20 Juni 2022 pukul 14.00-15.30 wib yaitu  daring melalui zoom dan luring di Laboratorium Pengolahan Data Jurusan Teknik Elektro dan Komputer. 

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan dan pemaparan materi mengenai MBKM dan dilanjutkan dengan FGD antara dosen dan mahasiswa Teknik Elektro dan Komputer. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan motivasi kepada mahasiswa sehingga akan menimbulkan persepsi yang sama dan saling membutuhkan antara mitra industri/bisnis dengan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan Komputer.

Adapun program MBKM yang dapat dipilih oleh mahasiswa adalah

  1. Pertukaran Mahasiswa
  2. Magang
  3. Studi Independen
  4. Proyek Desa
  5. Wira Usaha
  6. Proyek Kemanusiaan
  7. Riset

Dari data yang didapatkan diketahua bahwa program MBKM yang paling diminati mahasiswa PSTE adalah Magang, dimana persentase mahasiswa memilih magang mencapai 80.6%. Output dari kegiatan FGD Penguatan Pelaksanaan MBKM 20 (dua puluh) SKS diluar Kampus ini adalah mahasiswa termotivasi untuk mengikuti program MBKM 20 SKS diluar kampus.

Pada usulan sk gelombang pertama terdapat 11 orang mahasiswa yang mendaftar program MBKM Magang untuk semester genap tahun akademik 2021/2022, dan lokasi magang yang dipilih adalah

  1. PT. Indonesia Comnest Plus Kantor Perwakilan Aceh
  2. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
  3. PT PLN (Persero) UPDK Belawan
  4. PT PLN (Persero) UP2D Aceh
  5. PT GMF Aero Asia

Selanjutnya terdapat 23 orang mahasiswa yang mendaftar program MBKM Magang untuk semester ganjil tahun akademik 2022/2023, perusahaan yang dipilih adalah

  1. PT. Telkom Banda Aceh
  2. PT. PLN UP2D BNA
  3. PT. Telkom Pusat

Untuk program Magang MBKM Studi Independent terdapat 1 orang mahasiswa yang mendafar dan memilih  PT. Presentologics untuk melaksanakan Magang Studi Independent. Pada program MBKM Riset ada 6 orang yang mendaftar dan memilih PT Telekomunikasi Indonesia sebagai tempat untuk melaksanakan riset.