Program Studi Teknik Elektro (PSTE), Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan kegiatan workshop “REDESIGN KURIKULUM BERBASIS OBE” secara daring. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 7 Agustus 2021 dari pukul 9.00 hingga 12.00 WIB. Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) PSTE-FT-USK. Evaluator/assessor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), Dr. Ir. Noor Akhmad Setiawan, menjadi narasumber pada kegiatan yang dihadiri 19 orang dosen dari Prodi Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Magister Teknik Elektro lingkungan Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan workshop dibuka oleh Sekretaris Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, Bapak Hubbul Walidainy, S.T., M.T., dan kata sambutan oleh Koordinator Program Studi Teknik Elektro (Prodi TE), Ibu Dr. Melinda, S.T., M.Sc. Dalam kata sambutannya Dr. Melinda mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting karena Prodi TE akan mengikuti program akreditasi internasional IABEE. 

Pelaksanaan workshop yang dibagi dalam dua sesi tersebut berlangsung dengan sangat baik. Dr. Noor Akhmad memperkenalkan berbagai badan akreditasi nasional dan internasional (BAN-PT, LAM, Washington Accord, IABEE, JABEE, ABET, dlll) untuk program pendidikan teknik yang kesemuanya mengarah kepada pelaksanaan kurikulum berbasis OBE (Outcome Base Education). Di akhir kegiatan, Dr. Noor Akhmad Setiawan menekankan bahwa tujuan penerapan kurikulum OBE adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki cognitive, affective dan psychomotor yang seimbang sebagai seorang engineer.

Dr. Noor Akhmad melanjutkan dengan pemaparan filosofi CPMK (CO/CLO), CPP (PO/PLO/Attributes IABEE/WA), dan PPM (PEO) secara gamblang. Penyelarasan pemetaan antara satu dengan lainnya, penyelarasan pemetaan dengan tool-tool pengukuran, dan diakhiri dengan proses evaluasi hasil pengukuran tersebut. Di akhir sesi pertama pertama peserta workshop dapat bertanya dan berdiskusi dengan narasumber terkait dengan materi yang telah dipaparkan

Pada sesi kedua, Dr. Noor Akhmad melanjutkan pembahasan tentang MK Capstone (IDP – Integrated Design Project) yang telah diimplementasikan pada Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) Universitas Gadjah Mada. MK ini merupakan salah satu elemen penting pada pelaksanaan kurikulum berbasis OBE dan akreditasi IABEE karena merangkum semua CPP IABEE.

Pemaparan diakhiri dengan contoh-contoh implementasi kurikulum OBE di beberapa Perguruan Tinggi; dimulai dengan desain CPMK, CPP, PPM; desain assessment dan pemetaannya kepada CPMK; pemetaan PMK vs CPP; CPP vs PPM; proses pengukuran dan evaluasi tool-tool CQI (Continuous Quality Improvement). Sesi kedua ditutup dengan tanya jawab dan diskusi yang sangat intens berkaitan topik terakhir dan materi keseluruhan workshop. Pada akhir kegiatan workshop yang dimoderatori oleh Ir. Fahri Heltha, M.Eng ini, dilakukan sesi foto bersama sebagai keperluan dokumentasi.