Select Page

Untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan akademik yang bermutu Universitas Syiah Kuala memiliki tantangan tersendiri dalam peningkatan prestasi akademik dan non -akademik mahasiswa. Universitas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk aktif berkontribusi dan mengikuti berbagai kegiatan kompetisi kemahasiswaan. Permasalahan ini tentunya dapat berdampak terhadap kinerja organisasi dalam mewujudkan universitas unggul dalam hal mutu dan pelayanan yang prima (service excellent).

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendorong mahasiswa dapat menentukan sebuah tindakan nyata adalah melalui kegiatan pembinaan. Kegiatan aktualisasi dapat menstimulasi mahasiswa agar dapat melakukan aktivitas yang positif yaitu mengikuti kegiatan kompetisi kemahasiswaan pada tingkat nasional/internasional. Saat ini kebanyakan mahasiswa masih memiliki rasa enggan untuk bergabung dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kompetisi yang ada. 

Pembinaan dan dukungan universitas terhadap mahasiswa untuk mengikuti kompetisi nasional merupakan salah satu wujud implementasi tridarma perguruan tinggi sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Pembinaan dan dukungan yang diberikan universitas merupakan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter, keterampilan berpikir serta tindakan nyata yang dilakukan oleh mahasiswa. Prestasi mahasiswa yang dihasilkan dari berbagai kompetisi yang diikuti akan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu pendidikan dan prestasi perguruan tinggi.

 Program Pembinaan dan Partisipasi Kompetisi nasional/internasional telah mengadakan kegiatan Pelatihan Pemrograman Mikrokontroler sebagai wujud pembinaan terhadap mahasiswa agar mahasiswa termotivasi untuk aktif berkontribusi dan mengikuti berbagai kegiatan kompetisi kemahasiswaan.

Kegiatan Pelatihan Pemrograman Mikrokontroler dilaksanakan dalam 3 tahap. Minggu pertama dilaksanakan pada 27 Agustus 2022, kemudian pada minggu kedua dilaksanakan pada 03 September 2022, dan Minggu ketiga dilaksanakan pada 10 September 2022. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 42 orang peserta. Masing-masing peserta merupakan mahasiswa dan mahasiswi program studi Teknik elektro Angkatan 2020, 2021 dan 2022.

Selain kegiatan pembinaan, Universitas Syiah Kuala juga mendelegasikan tim Koetaradja 6.0 pada ajang Internasional Study Case Competition (I-CAST) dilaksanakan pada tanggal 9-12 Maret 2022 di Universitas Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh team Koetaradja 6.0 yang beranggotakan 2 orang mahasiswa Fakultas Teknik, yaitu Imam Ashabul Yamin (Teknik Elektro) dan Rizki Wahidi (Teknik Kimia).

Pelaksanaan kompetisi tersebut dilakukan secara daring/online. Mengingat kondisi dan situasi Pandemi Covid-19 yang masih belum selesai. Kegiatan dimulai pada bulan Januari 2022 hingga final competition berlangsung pada 11 Maret 2022. Pengumuman juara dilangsungkan pada malam hari tanggal 12 Maret 2022. Tim Koetaradja 6.0 berhasil meraih juara 2 pada ajang tersebut dengan mengusung judul “Modelling of Biomethane Power Plant Production and Techno-Economic Analysis Utilizing Anaerobic, Methanation, and Combined Cycle Process in Aspen HYSYS” dimana karya ini bertujuan untuk memodelkan produksi biogas untuk meminimalisasi food waste dan food loss yang ada di Indonesia.

Kegiatan pembinaan dan partisipasi pada kompetisi nasional yang diselenggarakan sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kesiapan, keterampilan dan kepercayaan diri dalam mengikuti kompetisi nasional baik dalam segi keuangan, pendampingan, juga pembekalan ilmu pengetahuan.