Select Page

Banda Aceh – Saat ini Program Studi Teknik Elektro (PSTE) USK sedang dalam proses pengajuan General Accreditation (GA) melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Teknik Indonesia atau The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) yang merupakan sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. Lembaga ini menyusun beberapa kriteria dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau kurikulum berbasis OBE.

Kontruksi penyusunan dan pencapaian (Setyawan, 2020)

Penerapan kurikulum OBE tercermin dari rumusan Capaian Pembelajaran (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), diskripsi bahan kajian, isi matakuliah dan bobot asesmen. CPL adalah kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan dari suatu program studi berdasarkan penjabaran terhadap Profil Profesional Mandiri (PPM) yang telah disepakati bersama Advisory Board dan Stakeholder yang ditetapkan oleh program studi. Dalam kurikulum setiap mata kuliah telah ditentukan CPMK yang harus dicapai. Dosen diberi kewenangan untuk menentukan cara atau metode pengukuran yang sesuai.

Saat ini, dosen di PSTE telah melakukan proses pengukuran CPL dan CPMK untuk setiap mata kuliah yang diampu dengan menggunakan metode asesmen OBE, akan tetapi hasil pengukuran belum dapat dipelihara dan didokumentasikan dengan baik. Hal ini menyebabkan program studi sulit melakukan tahapan evaluasi sebagai bukti bahwa semua lulusan telah secara langsung atau tidak langsung memenuhi semua capaian pembelajaran yang ditetapkan. Selain itu, kebijakan dan standar prosedur operasional (SOP) tertulis yang menjelaskan tentang pedoman pengukuran dan evaluasi CPL berbasis OBE juga belum tersedia. Sehingga menyebabkan semua pihak sulit untuk memahami tentang  proses pengukuran dan evaluasi CPL berbasis OBE secara keseluruhan. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya penyusunan pedoman yang berisi metode dan prosedur pengukuran dan evaluasi CPL sehingga dapat teridentifikasi kendala dalam pemenuhan CPL serta akar penyebab suatu masalah untuk menghasilkan peluang perbaikan berkelanjutan.

Sosialisasi dengan dosen di Ruang Seminar JTEK

Sebagai salah satu tindak lanjut untuk penerapannya, pada tanggal 18 November 2022 telah dilakukan sosialisasi terkait SOP untuk memberikan pemahaman kepada Dosen di Tingkat Jurusan Teknik Elektro dan Komputer bagaimana proses atau tahapan yang harus dilalui dalam menghasilkan capaian pembelajaran mahasiswa agar proses perbaikan pelaksanaan perkuliah dapat dievaluasi. Selain itu pada tanggal 16 November 2022 juga telah dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait bagaimana proses pengukuran capaian pembelajaran mereka dan apa saja yang harus diperhatikan mahasiswa agar CPL mereka terpenuhi. Kegiatan ini dilakukan secara virtual via Zoom Meeting yang diikuti oleh beberpa mahasiswa setiap angkatan mulai dari angkatan 2018 hingga 2022.

Kegiatan sosialisasi dengan mahasiswa via Zoom Meeting

Adapun video testimoni dari Dosen dan Mahasiswa terhadap pengadaan SOP serta pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dapat dilihat di sini.